Saturday 9 July 2011

Bahasa Dalam Informasi Produk

Beberapa hari yang lalu sempat rame di dunia maya ketika ada 2 alumni ITB yang ditangkap polisi karena menjual iPAD yang mereka beli dari Singapura, alasannya iPAD tersebut tidak memiliki manual berbahasa Indonesia. Alasan menurut banyak orang terlalu mengada-ada, sebenernya saya juga sudah cukup puas kalau alasannya mereka menjual barang ilegal dari luar negri. Berita ada di sini.

Tapi mau tidak mau memang bahasa dalam petunjuk / manual produk cukup penting agar konsumen benar-benar mengerti segala macam hal tentang produk yang ingin mereka beli. Tadi sore saya sedang memilih-milih mouse yang ingin saya beli, ketika saya lihat ada mouse merk Acer di display tanpa pikir panjang langsung saya ambil untuk saya beli karena merk nya sama dengan laptop saya. Untungnya saya punya kebiasaan untuk membaca informasi produk yang ada di belakang kemasan:

Informasi Produk yang Saya Baca
dan apa yang saya baca membuat saya mengurungkan niat beli produk ini. Ini gara-gara bahasanya, bukan karena tertulis dalam bahasa Inggris, tapi karena bahasa Inggris nya jelek banget. Akhirnya saya ganti beli merk yang lain deh, merk dengan penggunaan bahasa yang menyenangkan untuk info pruduk nya.

No comments:

Post a Comment