Monday 8 June 2009

Kuliah Lapangan di Karangsambung (day 3)

Karangsambung day-3
8 Juni 2009

Hari ini adalah hari ketiga dari 12 hari kuliah lapangan di Karangsambung. Seperti biasa, kami sudah berada di ruang makan jam 06.45 untuk sarapan. Kemudian dilanjutkan berkumpul di gerbang untuk ke lapangan.
Kali ini kami harus menggunakan bus untuk ke lokasi karena lokasinya tersebar di wilayah yang cukup jauh, dengan lokasi terjauh berjarak sekitar 12 km dari kampus. Hari kami melakukan pengamatan di wilayah utara karangsambung.
Jam 08.00 kami berangkat dengan menggunakan 4 bus.
Pemberhentian I : Merupakan singkapan batuan sedimen rijang, yang merupakan batuan yang terbentuk di atas zona divergen (Mid Oceanic Ridge), dan singkapan batuan beku basalt berupa ava bantal yang juga terbentuk di Mid Oceanic Ridge.
Pemberhentian II: Merupakan singkapan batuan metamorf Philite yang terbentuk akibat adanya tekanan tinggi di zona konvergen (subduksi) di palung laut. Batuan metamorf ini membentuk sebuah bukit disini. Mineral yang cukup jelas terlihat adalah mika. Terdapat juga beberapa batu kuarsit disana-sini.
Pemberhentian III: Merupakan singkapan batuan metamorf metasedimen, yang berupa batuan pasir yang telah mengalami metamorphosis dengan proses yang sama seperti pemberhentian II. Batuan ini juga membentuk sebuah bukit.
Pemberhentian IV : Merupakan daerah melange sedimen, Dari sini bisa melihat bukit-bukit di kanan, kiri, dan depan. Di kanan ada perbukitan dengan batuan melange dengan umur pre-tersier, di depan ada batuan sedimen, di kiri bisa dilihat perbukitan dengan batuan beku. Dari sini bisa cukup melihat bahwa di wilayah ini terkumpul hampir semua jenis batuan dengan struktur geologi yang rumit.
Pemberhentian V : Merupakan singkapan batuan metamorf serpentine. Serpentine merupakan batuan metamorf yang terbentuk di mantel bumi dengan kedalaman sekitar 4000 km dari permukaan yang akhirnya bisa tersingkap disini.Singkapan batuan ini sangatlah langka dan jarang ditemui di bumi.
Pemberhentian VI: Jalan menyusuri sawah sejauh 200 meter, didapati singkapan Boudin dan matrix lempung yang sudah terkompakkan. Batuan ini merupakan batuan pasir yang termetamorfosis dan tertekan menjadi balok-balok di palung.
Pemberhentian VII: berjalan masuk lagi sejauh 200 meter, didapati singkapan batu rijang yang sangat besar dan lava bantal. Singkapan ini juga jarang dijumpai di muka bumi.
Pemberhentian VIII: merupakan singkapan batuan metamorf schist di dasar sungai. Schist merupakan batuan yang terbentuk di daerah dengan derajat metamorphosis tinggi dengan tekanan yang tinggi. Mineral yang terlihat adalah mineral mika.
Kami kembali lagi di asrama jam 15.00 untuk istirahat. Jam 18.30 sudah berkumpul lagi di ruang makan untuk makan malam. Menu kali ini adalah sate. Jam 19.15 dilanjutkan kuliah geologi karangsambung dari Pak Agus.
Jam 21.00 setelah kuliah selesai dan kuiz, kami turun lagi ke ruang makan untuk coffe and snack time dan berdikusi, kemudian dilanjutkan istirahat malam jam 21.30.

No comments:

Post a Comment