Friday 12 June 2009

Kuliah Lapangan di Karangsambung (day 7)

Karangsambung day-7
12 Juni 2009

Hari ini merupakan hari terakhir pemetaan geologi termasuk aktivitas geologi di Karangsambung, untuk hari-hari selanjutnya akan diisi dengan aktivitas geofisika.
Acara dimulai jam 6.30 untuk sarapan, dilanjutkan dengan pemetaan. Kali ini empat kelompok besar kemaren dibagi lagi menjadi 3 lagi per kelompok, untuk mengcover area yang masih luas.
Kebetulan kelompok saya kebagian mengcover area disebelah timur Lok Ulo. Kelompok kami dibagi dua lagi, satu menyusuri jalan, dan satu memotong kontur dengan menaiki bukit, saya ikut yang terakhir.
Pertama kami menyusuri sungai Mandala, dan membelok ke cabangnya ke utara. Di cabang tersebut kami mendapati kontak antara batu beku dan lempung, serta metamorf. Setelah itu kami membelok naik ke atas bukit kea rah utara, dan mendapati batuan beku lagi dipuncaknya.
Jalan turun dari bukit ini sangatlah curam, hampir berupa jurang, jadi sungguh susah dilewati, Di jalan menurun itu kami mulai mendapati philite. Akhirnya kami turun lagi dan kembali menemui jalan.
Jam 12.30 kami kembali ke bawah untuk sholat Jumat. Jam 13.00 kembali ke kampus untuk istirahat sejenak sembari menunggu kelompok yang lain datang.
Jam 16.00 kelompok yang lain sudah datang semua, dan kami menggabung semua data dan membuat peta akhir. Peta baru selesai jam 18.30 tepat sebelum jam makan malam.
Jam 18.45 makan malam dimulai, kali ini menunya adalah lele. Dilanjutkan dengan kuliah tentang GPS dan metoda geofisika yang akan dipakai 6 hari mendatang.
Jam 21.00 kuliah selesai dan dilanjutkan dengan coffee dan snack time. Jam 22.00 kembali ke kamar masing-masing untuk istirahat.

No comments:

Post a Comment