Saturday 6 June 2009

Kuliah Lapangan di Karangsambung (day 1)

Karangsambung day-1
06 Juni 2009
Hari ini adalah hari pertama dari 12 hari kuliah lapangan di Karangsambung, Kebumen, Jawa Tengah. Berangkat dari Bandung tadi pagi menggunakan kereta ekonomi Pasundan. Kami menyewa satu gerbong, yang isinya penuh mahasiswa Teknik Geofisika semua. Kereta berangkat jam 6.30 tepat dari stasiun Kiaracondong.
Jam 14.00 kami tiba di stasiun Kebumen, untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Karangsambung menggunakan bus.
Jam 15.00 kami tiba di kampus geologi karangsambung, untuk kemudian langsung menuju ke kamar masing-masing di asrama yang sudah disediakan. Kamar yang ada di asrama ini cukup bagus, dengan satu kamar berisi 4 orang.Setelah menata kamar, kami bersih-bersih diri dan kemudian mendapat makan siang.
Jam 18.45 kami berkumpul lagi di ruang makan untuk makan malam, kemudian dilanjutkan dengan kuliah perdana tentang sketsa. Selama kuliah juga dijelaskan tata tertib dan rencana kegiatan selama di karangsambung ini. Skedulnya setiap hari kira-kira seperti ini:
06.45  Sudah harus ada di meja makan, untuk makan pagi
07.30  Berangkat ke lapangan
12.00  Makan siang di lapangan
16.00  Sampai di kampus, bersih-bersih dan istirahat sebentar
18.45  Makan malam
19.15  Kuliah
21.00  Coffee dan snack time, sekaligus mengerjakan tugas dan laporan
22.00  Tidur

Peraturannya kira-kira seperti ini:
1. Harus selalu ontime, tidak boleh telat
2. Harus sudah ada di meja makan sebelum dosen datang, kalo dosen sudah datang tidak boleh masuk lagi,, yang artinya tidak mendapat makan
3. Tidak boleh berbicara selama 30 menit di ruang makan.
4. Tidak boleh sakit selama disini
Dan masih ada beberapa aturan lagi, yang kesemuanya kalo dilanggar,, akan mengakibatkan nilai kuliah ini menjadi jelek,, setidaknya begitulah ancaman yang diberikan. Apalagi kalau peraturan nomor 4 dilanggar,, akan mengakibatkan pemulangan dan tidak lulus kuliah ini.
Setelah kuliah, jam 21.00 kami kembali ke ruang makan untuk coffee break, dan dilanjutkan pembagian peralatan selama di lapangan seperti kompas, lup, palu, dan peta geologi lapangan.

Btw,, disini tidak ada sinyal 3G sepertinya.. Modem smart yang saya bawa juga tidak berguna karena tidak ada sinyal smart sama sekali.. Akhirnya saya sekarang terpaksa menggunakan sinyal gpts im3 yang lemot ini..

No comments:

Post a Comment