Wednesday 10 June 2009

Kuliah Lapangan di Karangsambung (day 5)

Karangsambung, day-5
10 Juni 2009

Hari kelima dari 12 hari disini, cuaca sangat cerah dengan sinar matahari bersinar sangat teriknya. Seperti biasa, kami berkumpul di ruang makan jam 6.30 untuk sarapan. Menu kali ini adalah nasi uduk, dengan krupuk, sambel, dan timun.
Jam 07.30 kami mulai berkumpul di gerbang depan untuk persiapan berangkat ke lapangan. Karena ada Pak Sani, maka kami diajak bersenam dahulu sebelum berangkat
Kegiatan hari ini adalah memetakan daerah yang sudah ditentukan. Maksud dari memetakan adalah membuat peta geologi, dengan mengamati lithologi, struktur, dan mencari kontak2nya. Kegiayan seperti ini akan dilaksanakan selama 3 hari kedepan. Karena wilayah yang dipetakan cukup luas, maka kamu dibagi menjadi 4 kelompok besar dengan pemandu dan asisten masing2.
Saya kebetulan berada di kelompok 1 dengan pemandu Pak Sani, Pak Sani ini orangnya suka berjalan dengan cepat dan sangat lincah, jadinya kami cukup kewalahan mengikuti langkahnya, hasil didikan Jepang kali yaa….
Rute awal adalah menyusuri sungai Jeblug, disini kami mendapati batuan lempung yang memiliki struktur berlapis-lapis dengan strike N 270 E. Disini juga didaati efek bakar pada batuan lempung yang menandakan bahwa betu lempung ini pernah terlewati oleh lave. Semakin berjalan menyusuri hilu didapati batuan beku diabas di lereng gunung Parang dan kontaknya dengan batu lempung sebelumnya. Disitu juga terlihat struktur seperti slicken slide dan patahan yang menunjukkan adanya sesar.
Kami kemudian naik menaiki gunung Parang, disini yang kami lihat adalah batuan beku diabas, serta beberapa yang sudah terbreksiasi. Batuan diabas ini merupakan intrusi dan berbentuk hexagonal columnar joints.
Kemudian kami mengitari gunung Parang dan kemudian turun menyusuri sungai Mandala. Disini didapati batuan beku basalt yang sudah terbreksiasi juga. Banyak didapati Gash dan Shear Fractures disana-sini. Dibagian bawah kami menemukan kontak antara batuan basalt dan lempung.
Setelah menyusuri Kali Mandala hingga bertemu dengan kali Lok Ulo, kami istirahat sejenak untuk makan siang karena sudah jam 12. Sejam kemudian kami melanjutkan perjalanan menyusuri Kali lok Ulo. Disini didapati sevara berturut-turut ke utara lithologi sebagai berikut:
1. Rijang, berwarna merah
2. Breksi, berwarna hitam
3. Basalt yang terbreksiasi dan berwarna hitam.
4. Phillites dengan kilau mika
5. schist dengan kilau mika
6. Meta sedimen pasir
7. Boudin kecil berisi kuarsa.

Jam sudah menunjukkan jam 15.00, maka kami kembali ke asrama. Sesampainya langsung mandi, cuci2, sholat, dan mengerjakan tugas.
Jam 18.30 kembali kumpul untuk makan malam. Kali ini kedatangan dosen lagi, yaitu bu Santi dan bu Ningsih. Jam 19.30 dilanjutkan dengan kuliah oleh Pak Sani tentang pemetaan yang baik.
Jam 20.30 kuliah selesai dan dilanjutkan dengan berdikusi membuat peta dari data yang diambil tadi hingga jam 22.00, setelah itu istirahat malam.

No comments:

Post a Comment