Saturday 13 June 2009

Kuliah Lapangan di Karangsambung (day 8)

Karangsambung day-8,
13 Juni 2009

Hari ini merupakan hari pertama akivitas geofisika setelah 7 hari aktivitas geologi. Seperti biasa sarapan dimulai jam 06.45 dan dilanjutkan kegiatan jam 7.30.

Kali ini kami hanya melakukan survey lapangan untuk menentukan lintasan survey untuk hari-hari selanjutnya. Lintasan yang ditentukan adalah lintasan untuk survey geolistrik, GPR, dan seismik refraksi.

Daerah yang disurvey adalah daerah Simbing di selatan Karangsambung. Daerah ini merupakan daerah yang terletak diatas batu lempung dan mengalami longsoran secara pelan-pelan selama bertahun-tahun dengan kecepatan hanya 1 mm/tahun sehingga tidak terasa. Walaupun begitu dampaknya sangat besar karena bisa merusak dan merobohkan bangunan. Untuk itu kami harus menemukan bidang longsoran dengan melakukan ketiga survey tersebut diatas.

Penentuan survey selesai jam 11.00 dan kami langsung kembali ke asrama.

Sekembalinya di asrama ada teman-teman yang mengajak menyewa bus untuk turun ke kota Kebumen, karena saya kehabisan uang cash maka saya setuju untuk ikut ke kota. Akhirnya kami menyewa bus dan 14 orang pergi ke kota.

Sesampainya di kota, tujuan pertama adalah mengambil uang di ATM, dilanjutkan ke swalayan, dan makan sate. Setelah itu kami berfoto-foto sebentar di alun-alun dan langsung kembali ke KArangsambung dan sampai di kampus jam 17.00

Jam 19.30 kami makan malam dan dilanjutkan dengan kuliah oleh Pak Hendra Grandis tentang survey geolistrik dan GPR. Kuliah selesai jam 21.00 dan dilanjutkan cofee and snack time dan kemudian kembali ke kamar masing-masing untuk istirahat.

No comments:

Post a Comment