Friday 12 June 2009

Kuliah Lapangan di Karangsambung (day 6)

Karangsambung day-6
11 Juni 2009

Pagi ini cuaca berkabut, membuat jarak pandang kurang dari 1 km. Seperti biasa kegiatan dimulai dengan makan pagi jam 6.30, dan dilanjutkan senam pagi dipimpin Pak Sani jam 07.30. Kemudian kami semua dibawa ke Gunung Parang untuk berfoto bersama dosen-dosen dengan background singkapan Diabas.
Selesai berfoto bersama, baru kami berjalan bersama kelompok masing-masing. Kali ini pembimbing kelompok saya adalah Pak Agus Laesanpura. Rute yang ditempuh kali ini adalah menyusuri Kali Sembir ke utara, melewati gunung Pagerbako, terus ke utara hingga bertemu hulu Kali Trenggulun. Dari Trenggulun kami menuju Kali Lok Ulo dan menyusurinya menuju selatan hingga sampai kampus lagi.
Kira-kira susunan lithologi batuan yang bisa terlihat adalah sebagai berikut:
1. Lempung
2. Basalt
3. Rijang
4. Metasedimen
5. Metamorf
6. Beberapa sesar, dsb.
Kami baru kembali di kampus/asrama jam 17.00, langsung mandi, cuci-cuci, dan sholat.
Jam 18.30 kami makan malam, kemudian dilanjutkan dengan kuliah materi tentang Petrologi, yang merupakan review dari yang sudah didapat di semester lalu.
Jam 21.00 dilanjutkan dengan memplot lithologi batuan dip eta dan mengkorelasikannya, kemudian membuat penampang lintasan.
Kegiatan baru selesai jam 23.00, kemudian semua mahasiswa kembali ke kamar masing-masing untuk istirahat, dan persiapan pemetaan geologi tahap 3 besok hari.

No comments:

Post a Comment