Tuesday 16 June 2009

Kuliah Lapangan di Karangsambung (day 9)

Karangsambung day-9
14 Juni 2009

Hari ini kami melakukan survey geofisika untuk yang pertama kali. Kelompok yang ada melakukan 5 survey yang berbeda dengan waktu paralel. Kelompok kami hari ini mendapatkan bagian untuk survey gravity.

Seperti biasa, jam 7.30 setelah sarapan kami berkumpul dulu untuk briefing. Kami diberi pengarahan sebentar tentang apa saja yang harus dilakukan. The do's and the don't's dijelaskan sangat detil, karena alat yang akan kami pakai (gravimeter) untuk survey ini, berharga 1 milyar dan apabila rusak akan sangat mahal biaya perbaikannya dan tidak bisa dilakukan perbaikan sendiri.

Pada awalnya, kami mengukur data di base untuk dijadikan acuan. Kemudian kelompok dibagi 2, 1 untuk mencatat variasi nilai di base setiap 5 menit dan yang 1 nya untuk melakukan survey.

Kami kemudian naik bus untuk menuju titik awal survey kami. Survey kami kali ini adalah menelusuri sungai Lok Ulo dari Kali Trenggulun hingga Kampus dengan jarak sekitar 2 km. Kami lakukan pengukuran untuk setiap 50 meter, total titik yang kami ukur berjumlah 40 titik.

Survey diakhiri dengan mengukur kembali nilai di base. Survey berakhir jam 14.00.

Malamnya, jam 19.00 ada kuliah tentang Geolistrik oleh Pak Grandis.

No comments:

Post a Comment